Categories
Uncategorized

Bagaimana hukum qurban untuk orang tua yang sudah meninggal?

Berbagai pertanyaan dan praktik qurban masih bisa membingungkan di antara shohibul qurban. Tidak ada pengecualian untuk manfaat melakukan ibadah qurban. Lebih baik berqurban untuk diri sendiri atau orang tua yang telah meninggal.

Qurban demi orang lain, pada kenyataannya, dapat diterima dan sah. Qurban untuk orang mati sudah termasuk. Misalnya, seorang anak mungkin ingin berqurban untuk mengenang orang tuanya yang sudah meninggal. di sisi lain, memiliki sudut pandang yang berbeda tentang masalah qurban diri atau qurban untuk orang tua yang sudah meninggal.

Buat qurban untuk diri sendiri atau orang tua yang telah meninggal.

Ulama dari madzhab Syafi’i berpendapat bahwa qurban bagi mereka yang telah meninggal tanpa meninggalkan surat wasiat (untuk melaksanakan qurban) tidak sah.

Karena kecuali dia mau berkurban, tidak ada ketentuan untuk qurban bagi mereka yang telah meninggal. Ini karena mereka yang telah meninggal tidak dapat mengorbankan diri mereka sendiri dan karena itu bergantung pada orang lain untuk melakukannya atas nama mereka.

Sementara itu, qurban bagi orang yang meninggal saat tidak berperilaku adalah sah menurut tiga madzhab lainnya (Hanafi, Maliki, dan Hanbali). Demikian pula, hadiah qurban akan dibayarkan kepada orang yang meninggal. Karena tujuan dan pahala qurban mirip dengan sedekah.

Jadi, mana yang lebih baik antara berqurban untuk diri sendiri atau untuk orang tua yang sudah meninggal?

Bahkan, ada ketentuan dalam fiqh yang mencakup masalah ini. Di mana mengutamakan atau mengutamakan orang lain dalam hal ibadah adalah makruh.

“Menempatkan orang lain pertama dalam hal ibadah adalah hal yang baik, sedangkan dalam hal-hal selain ibadah dianjurkan.”Akibatnya, mengutamakan orang lain dalam hal ibadah (termasuk qurban) adalah mungkin tetapi tidak disarankan. Hal yang sama berlaku jika Anda ingin berqurban untuk orang tua Anda yang sudah meninggal tetapi belum pernah berqurban sebelumnya.

Klausul ini tidak hanya berhubungan dengan ibadah qurban. Bentuk ibadah lain, seperti haji atau sedekah, juga dapat diterima. Hukum memberi kompensasi kepada orang tua sementara tidak membayar hutang sendiri, misalnya, adalah makruh.

Ketika datang ke non-ibadah, hal-hal yang sedikit berbeda. Memilih untuk memberikan properti kepada orang miskin dan yatim piatu daripada menggunakannya untuk haji pada beberapa kesempatan, misalnya.

Penjelasan di atas menunjukkan bahwa berqurban untuk orang yang telah meninggal (seperti orang tua Anda) adalah praktik yang nyata dan dapat diterima. Selain itu, keuntungan dari qurban terutama untuk dibagikan dengan orang lain. Khususnya, memberikan daging qurban kepada mereka yang membutuhkan qurban.

Namun, perlu diingat bahwa, menurut fiqh, menempatkan orang lain pertama dalam pengabdian adalah makruh. Artinya, lebih baik memprioritaskan qurban untuk diri sendiri daripada qurban untuk orang tua yang sudah meninggal.

Selain itu, bagi umat Islam yang berbadan sehat, hukum qurban pada dasarnya adalah sunnah muakkad. Artinya, umat Islam yang tidak termasuk dalam kelompok yang mampu berkurban tidak diwajibkan untuk melakukan qurban. Ini termasuk orang-orang yang telah meninggal.

Terlepas dari itu, akan sangat baik jika semua perbuatan baik dan perbuatan seperti qurban masih dimaksudkan untuk mendapatkan berkah Allah SWT. Akibatnya, ibadah akan terus dihargai dan memberikan keuntungan. Baik demi anda sendiri maupun demi orang lain.

Selain itu, sangat penting untuk melaksanakan semua ketentuan qurban dengan benar. Dimulai dengan memilih hewan qurban yang sehat, tidak cacat, dan gemuk, kemudian pembelian hewan qurban (qurban itu sendiri atau patungan qurban), menyembelih qurban sesuai dengan syariat Islam (baik melakukannya sendiri atau mewakili), dan terakhir mengolah dan mendistribusikan daging qurban sesuai dengan ketentuan distribusi qurban. Khususnya, kepada penerima manfaat qurban yang membutuhkan.Jika kamu tidak ingin ribet dalam berqurban dan ingin Qurban yang praktis, anti ribet, aman, dan amanah? Qurban Onlinedapat menjadi pilihan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.